Pertaruhan Intel di Laptop Layar Sentuh


CALIFORNIA – Intel dikabarkan menginvestasikan dana besar untuk meyakinkan bahwa layar sentuh akan ada bagi generasi masa depan laptop. Nantinya perangkat, menurut Intel semakin akan menampilkan layar sentuh pada laptop konvensional dan layar tambahan sehingga perangkat tetap bisa digunakan ketika ditutup.

Dilansir dari Telegraph, Kamis (5/6/2012), tujuan dari Intel yaitu untuk membuat komputasi kurang bergantung pada keyboard dan mouse, sehingga menjadi lebih intuitif. Saat ini permintaan untuk tablet dan smartphone semakin besar, Intel bertaruh bahwa pasokan layar sentuh akan berjalan singkat karena pembuat PC akan mulai memperkenalkan laptop dengan layar sentuh dan perangkat lainnnya.

Menurut laporan dari Bloomberg, untuk memastikan produsen PC tidak terjepit, bulan lalu Intel mengatakan telah setuju membayar empat produsen layar sentuh Taiwan untuk mengamankan pasokan bagian yang dibutuhkan.

Langkah Intel pun dinilai akan mencegah pemasok lebih memihak Apple dan Samsung dalam menjual layar. Perjanjian Intel dengan TPK Holding Co, Wintek, HannsTouch Solution, dan Cando, bisa jadi juga sebagai upaya mencegah produsen yang menggunakan chip ARM yang kompatibel dengan Windows mendapatkan layar sentuh.

Dalam kesepakatan itu, produsen layar sentuh akan memberikan layar untuk pembuat PC yang ditentukan oleh Intel. Sementara Intel tidak membayar untuk layar, maka perusahaan itu akan membayar untuk setiap kapasitas yang tidak terpakai, yang artinya pembuat layar tersebut dapat menyisihkan produksi tanpa risiko.

Sayangnya, Intel dan perusahaan-perusahaan Taiwan itu menolak untuk memberikan detail jumlah uang dan jumlah layar yang akan disediakan.

“Tindakan Intel itu sedikit tidak biasa dan merupakan indikasi dari kekuatan Apple dalam rantai pasokan teknologi. Intel sangat mengerti hubungan rantai pasokan, dan faktanya mereka keluar dari jalan mereka untuk melakukan ini semua,” kata Managing Director di MGI Research Andrew Dailey.

Langkah Intel juga disambut baik oleh pihak lain. “Sangat menggembirakan bahwa memiliki kelas berat seperti Intel untuk datang dan membantu sebagai pendorong perkembangan dan adopsi teknologi sentuh. Kami menyambut langkah strategis seperti itu,” ungkap Chief financial officer di produsen sensor layar sentuh TPK.

Posted on 6 Juli 2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: